Psikologi Warna

Psikologi Warna
#EfekEmosiWarna




Apa itu Psikologi Warna?
Psikologi warna didasarkan pada efek mental dan emosional yang dimiliki warna pada orang-orang yang terlihat di semua aspek kehidupan. Ada beberapa bagian yang sangat subyektif untuk psikologi warna serta beberapa elemen yang lebih diterima dan terbukti. Perlu diingat, bahwa akan ada juga variasi interpretasi, makna, dan persepsi antara budaya yang berbeda.


Menerapkan Psikologi Warna ke Kehidupan Sehari-hari
Tahukah Anda bahwa lingkungan Anda memengaruhi emosi dan keadaan pikiran Anda? Apakah Anda pernah memperhatikan bahwa tempat-tempat tertentu membuat Anda jengkel? Atau bahwa tempat-tempat tertentu sangat santai dan menenangkan? Nah, ada peluang bagus bahwa warna-warna di ruang-ruang itu berperan.

Dalam terapi seni, warna sering dikaitkan dengan emosi seseorang. Warna juga dapat memengaruhi kondisi mental atau fisik seseorang. Sebagai contoh, penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa orang yang melihat warna merah menghasilkan peningkatan denyut jantung, yang kemudian menyebabkan adrenalin tambahan dipompa ke dalam aliran darah. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana terapi warna bekerja dan bagaimana cahaya dan warna dapat memengaruhi kita.

Ada juga efek psikologis warna yang umum dicatat karena berkaitan dengan dua kategori utama: hangat dan dingin. Warna-warna hangat - seperti merah, kuning dan oranye - dapat memicu berbagai emosi mulai dari kenyamanan dan kehangatan hingga permusuhan dan kemarahan. Warna-warna sejuk - seperti hijau, biru dan ungu - sering memicu perasaan tenang dan sedih.

Konsep-konsep psikologi warna juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, mungkin Anda berencana mengecat ulang dinding atau mendekorasi ulang rumah atau kamar dengan skema warna baru. Nah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan beberapa saran ini tentang warna dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi emosi dan suasana hati Anda:



#EfekPsikologisWarna
Perlu kreatif? Ingin bantuan agar sinapsis otak itu diaktifkan? Coba manfaatkan warna ungu. Ungu memanfaatkan warna merah dan biru untuk memberikan keseimbangan yang bagus antara stimulasi dan ketenangan yang seharusnya mendorong kreativitas. Ungu muda dikatakan menghasilkan lingkungan yang damai, sehingga mengurangi ketegangan. Ini bisa menjadi warna yang bagus untuk rumah atau kantor bisnis.

Apakah Anda mencari lingkungan yang damai dan menenangkan? Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan hijau dan / atau biru. Warna-warna keren ini biasanya dianggap tenang. Sebenarnya ada sedikit logika ilmiah yang diterapkan untuk ini - karena mata memfokuskan warna hijau langsung pada retina, dikatakan kurang tegang pada otot mata Anda.

Warna biru disarankan untuk ruangan atau kamar dengan lalu lintas tinggi yang Anda atau orang lain akan habiskan dalam jumlah besar. Warna dingin lainnya, biru biasanya warna yang menenangkan dan tenang, dikatakan mengurangi respirasi dan menurunkan tekanan darah. Kamar tidur adalah tempat yang tepat untuk menggunakan warna-warna ini karena akan membantu Anda bersantai.


Efek Psikologis Warna Hangat
Ingin menciptakan lingkungan yang merangsang atau membangkitkan selera orang? Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan warna kuning atau oranye. Warna-warna ini sering dikaitkan dengan makanan dan dapat menyebabkan perut Anda sedikit menggeram. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa begitu banyak restoran menggunakan warna-warna ini? Sekarang Anda tahu mengapa bahkan setelah orang menonton film SuperSize Me, mereka mengatakan mereka lapar.

Anda ingin berhati-hati dalam menggunakan warna-warna cerah seperti oranye dan terutama kuning. Mereka memantulkan lebih banyak cahaya dan merangsang mata seseorang secara berlebihan yang dapat menyebabkan iritasi. Anda juga mungkin tidak ingin mengecat ruang makan atau dapur Anda dengan warna-warna ini jika Anda penghitung kalori.


Psikologi Warna untuk Pemasaran & Periklanan
Pemasaran dan periklanan terkenal karena memanfaatkan psikologi warna. Fakta bahwa beberapa perusahaan telah banyak berinvestasi dalam jenis penelitian ini dan banyak lainnya telah mengikuti penggunaannya menunjukkan bahwa mereka cukup percaya pada konsep-konsep psikologi warna untuk menerapkannya dalam iklan mereka.

Warna secara konsisten digunakan dalam upaya untuk membuat orang berkeinginan, mengasosiasikan nada positif atau negatif, mendorong kepercayaan, perasaan tenang atau energi.

Sebagian besar eksekutif pemasaran dan periklanan cenderung akan setuju bahwa ada manfaat untuk memahami dan memanfaatkan efek psikologis warna. Sekarang mari kita lihat beberapa ciri psikologi warna yang lebih umum, dengan beberapa warna umum.


#EfekPsikologisWarna
Berikut ini adalah beberapa efek psikologis umum Warna

Psikologi Warna Putih
kemurnian
tidak bersalah
kebersihan
rasa ruang
kenetralan
berkabung (dalam beberapa budaya / masyarakat)

Psikologi Warna Hitam
wewenang
kekuasaan
kekuatan
jahat
intelijen
penipisan / pelangsingan
kematian atau duka

Psikologi Warna Abu-abu
netral
abadi
praktis

Psikologi Warna Merah
cinta
percintaan
lemah lembut
kehangatan
kenyamanan
energi
kegembiraan
intensitas
kehidupan
darah

Psikologi Warna Oranye
senang
energik
kegembiraan
antusiasme
kehangatan
kemakmuran kekayaan
kecanggihan
perubahan
stimulasi

Psikologi Warna Kuning
kebahagiaan
tawa
riang
kehangatan
optimisme
kelaparan
intensitas
frustrasi
marah
mendapatkan perhatian

Psikologi Warna Hijau
alam
keren
pertumbuhan
uang
kesehatan
iri
ketenangan
harmoni
ketenangan
kesuburan

Psikologi Warna Biru

ketenangan
ketenangan
dingin
tidak peduli
kebijaksanaan
loyalitas
kebenaran
fokus
tidak selera

Psikologi Warna Ungu
royalti
kekayaan
kecanggihan
kebijaksanaan
eksotik
rohani
kemakmuran
menghormati
Misteri

Psikologi Warna Coklat
keandalan
stabilitas
persahabatan
kesedihan
kehangatan
kenyamanan
keamanan
alam
organik
berkabung (dalam beberapa budaya / masyarakat)

Psikologi Warna Muda
percintaan
cinta
lemah lembut
menenangkan
agitasi
--

khusus untuk pencitraan di layar monitor warna merupakan komponen yg penting. 
Oleh karena itu bagi pengguna komputer ada baiknya jika menggunakan kartu grafis yang mumpuni - seperti kluaran dari NVIDIA .
Terima Kasih atas perhatiannya gaesss
TRANSLATE this Page

Posting Komentar

0 Komentar