node.js pada Windows

Memulai node.js pada Windows

Tutorial berikut akan memberikan panduan yang sangat singkat tentang bagaimana untuk memulai  node.js pada Windows.  tutorial ini murni hanya menggunakan node-js tanpa plugin pihak ketiga (third party)

Berikut urutannya
  • Menginstal Node.js pada windows.
  • Jalankan "Halo World!" 
  • Membuat webserver. dengan node js
  • Gunakan NPM untuk menginstal sebuah modul.

Instalasi
Belakangan ini jauh lebih mudah untuk menginstal node.js pada Windows. Lupakan cygwin dan kotak linux virtual atau apa pun. sekarang tinggal kunjungi nodejs.org dan klik Download link. kamu akan disajikan dengan paket yang berbeda seperti yang ditunjukkan di bawah ini;
Pilihlah  Microsoft Installer.


Setelah men-download, jalankan file .msi yang akan memandu Anda melalui instalasi cukup sederhana. Tidak ada pilihan lain - hanya yes deh pokoknya, kemudian Node akan menginstal ke C: \ Program Files (x86) \ nodejs dan menambahkan dirinya ke variabel PATH.


Perhatikan bahwa karena kita sedang berjalan pada sistem operasi Microsoft, reboot wajib diperlukan untuk membuat perubahan pada variabel PATH berlaku, yang berarti Anda hanya bisa mengetik simpul ke command prompt Anda daripada harus ketik path lengkap. Jadi .. restart sekarang.

Setelah instalasi dan reboot , kita akan menguji apakah instalasi bekerja. Buka command prompt (Start -> Run .. -> cmd.exe), tipe node dan tekan enter.

Jika instalasi berhasil, Anda sekarang dalam modus baris perintah dari node.js, yang berarti Anda dapat kode dengan cepat. Kami tidak akan melakukan itu sekarang, kami hanya ingin melihat apakah itu bekerja. Untuk saat ini, tekan CTRL + C dua kali untuk berhenti.
Catatan: Anda dapat keluar proses simpul berjalan dengan menekan CTRL + C di jendela perintah yang sesuai.

Selamat, Anda berhasil instal node.js pada komputer Windows Anda.

Halo WORLD?!
File teks dapat ditafsirkan oleh node, sehingga jalankan text / code editor favorit Anda dan membuat helloworld.js file baru. Dalam file tersebut, menempatkan isi berikut:

// Program simpul pertama kami
console.log ( "Halo dunia!");
Catatan: console.log ([string]) mari kita Anda menulis pesan ke stdout, berarti mereka muncul di command prompt Anda. Hal ini berguna untuk debugging.

Selanjutnya kita tentu perlu menjalankan script kami menggunakan simpul. Buka command prompt Anda lagi seperti yang ditunjukkan sebelum dan pergi ke direktori di mana Anda menempatkan file yang helloworld.js Anda. Kemudian ketik helloworld.js node dan tekan enter.

Jika file Anda ditempatkan di D: \ simpul \ helloworld.js, ketik perintah berikut satu demi satu:

d:
cd simpul
helloworld.js simpul


Catatan: Setiap program simpul berhenti secepat tidak ada yang tersisa untuk menghitung atau tidak ada acara yang tersisa untuk menunggu. Dalam hal ini, setelah menulis dunia Hello! pesan, tidak ada yang tersisa untuk dilakukan.

Catatan: Anda harus me-restart program simpul Anda setiap kali Anda mengubah sesuatu dalam kode sumber.

Selanjutnya kita akan mencoba dunia Hello! Misalnya dari situs nodejs.org. Mengganti isi dari file helloworld.js dengan kode berikut:

// Meliputi modul http
var http = require ( 'http');

// Membuat webserver
http.createServer (function (req, res) {

    // Menanggapi permintaan http masuk
    res.writeHead (200, { 'Content-Type': 'text / plain'});
    res.end ( 'Hello World \ n');

}) Mendengarkan (1337, '127.0.0.1').;

// Log apa yang kita mulai mendengarkan pada localhost: 1337
console.log ( 'Server berjalan pada 127.0.0.1:1337');
Di command prompt, helloworld.js tipe node lagi dan tekan enter lagi, yang akan hadir dengan berikut:



Catatan: Pada titik ini, firewall Anda akan propably memberitahu Anda node yang mencoba untuk mengakses fungsionalitas jaringan.

Ini berarti bahwa webserver Anda yang baru dibuat mendengarkan pada http: // localhost: 1337 /, sehingga jenis yang adres di browser Anda dan lihat berikut:



Selamat, lagi! Anda hanya menulis webserver Anda sendiri di simpul!

Catatan: Ketik CTRL + C untuk menutup program simpul.

Menggunakan NPM pada windows
Node dilengkapi dengan manajer paket, paket simpul manager (NPM), yang secara otomatis dipasang di sepanjang simpul. Untuk menggunakan NPM, Anda perlu membuka prompt perintah, beralih ke direktori di mana Anda ingin menggunakannya, dan jenis NPM ditambah perintah Anda dengan untuk mengeksekusi.

fungsionalitas inti node sangat tipis, tapi ada jumlah yang sangat besar dari perpustakaan - di simpul mereka disebut modul - yang dapat Anda gunakan. NPM adalah alat yang sangat kuat dan perpustakaan yang dapat Anda gunakan yang tak terhitung jumlahnya, jadi saya hanya akan menunjukkan bagaimana lokal menginstal sebuah modul untuk proyek Anda saat ini.

cd ke direktori program Anda (seperti yang ditunjukkan di atas).
Jenis: NPM install express untuk menginstal framework web express.
Tekan enter.
Anda akan melihat sesuatu seperti berikut:



Sebuah node_modules folder baru telah dibuat di D Anda: \ direktori simpul. Hal ini juga akan menampung semua modul masa depan yang Anda install untuk proyek Anda saat ini menggunakan NPM.

Anda sekarang dapat menggunakan modul ekspres dengan mengharuskan itu, seperti yang ditunjukkan dalam contoh sederhana ini:

var = ekspres membutuhkan ( 'mengungkapkan');

var aplikasi = express.createServer ();

app.get ( '/', function (req, res) {
    res.send ( 'Hello World');
});

app.listen (1337);
Anda dapat menjalankan kode ini dalam cara yang sama seperti dunia lain Hello! - Contoh. Untuk penggunaan yang lebih praktis dan penjelasan seluruh express-kerangka, kunjungi situsnya di expressjs.com atau google untuk beberapa contoh.

Ringkasan
Anda sekarang dapat menggunakan node.js dan NPM pada Windows-komputer. Sekarang Anda dapat langsung beralih ke tutorial yang lebih maju atau Anda dapat mulai membaca kode simpul dokumentasi api, yang saya sangat menyarankan sebelum belajar kerangka apapun.
TRANSLATE this Page

Posting Komentar

0 Komentar