Tentang Macintosh/MAC Hardware

Hardware dari Macintosh (atau Mac) diproduksi sendiri oleh Apple Inc., Mereka menentukan sistem internal, desain, dan harga. Apel langsung melakukan sub-kontrak produksi hardware untuk produsen laptop Asian OEM seperti Asus, dengan mempertahankan tingkat kontrol yang tinggi terhadap produk . 
Apple membeli komponen-komponen tertentu dari produsen pihak ketiga. Saat ini keluarga produk Mac menggunakan prosesor Intel x86-64. Semua Mac model disertai dengan RAM minimal 1GB sebagai standar. Komputer Mac saat ini menggunakan kartu grafis ATI Radeon atau nVidia GeForce  dan menyertakan  DVD dan CD burner (dual-fungsi), yang disebut SuperDrive.
Mac memasukkan dua standar port transfer data: USB dan FireWire
kecuali akhir '09 unibody MacBook, MacBook Aluminium (dihentikan) dan MacBook Air yang tidak memiliki FireWire built in.
Sedangkan USB diperkenalkan pada tahun 1998 iMac G3, dan FireWire lebih  diperuntukkan bagi perangkat kinerja tinggi seperti hard drive atau kamera video. 






ISI

Arsitektur 
1 Processor 
2 Expandability dan konektivitas 
      2.1 slot internal 
      2.2 Prosesor 
      2.3 Memory 
      2.4 Disk 
      2,5 Peripherals 
      2.6 Jaringan 
      2.7 Video 
3 Lihat juga 
4 Referensi 

Prosesor Arsitektur.

Aslinya Macintosh menggunakan Motorola 68000, prosesor 16/32-bit (32-bit internal) CISC yang bekerja  pada 8 MHz. Macintosh Portable dan PowerBook 100 keduanya menggunakan versi 16 MHz. Macintosh II menampilkan 32-bit Motorola 68020 prosesor penuh, tetapi ROM Mac pada saat itu terdapat software yang hanya didukung menangani memori 24-bit, sehingga hanya menggunakan sebagian kecil dari memori chip menangani kemampuan patch perangkat lunak diterapkan. 
Mac dengan keterbatasan ini tidak menjadi "32-bit murni" 
Penerus Macintosh IIx memperkenalkan Motorola 68030 prosesor, yang menambahkan  manajemen memori unit. The 68030 tidak memiliki built-in floating point unit (FPU); dengan demikian, Macintosh berbasis 030 dimasukkan dengan unit terpisah, baik 68881 atau 68882. dan biaya-model yang lebih rendah tidak melakukan itu, meskipun mereka dimasukkan soket FPU, pengguna harus  memutuskan untuk menambahkan satu sebagai pilihan. Yang pertama "32-bit murni" Macintosh yang bisa menggunakan memori 32-bit tanpa perangkat lunak patch  adalah IIci. Pada tahun 1991, Apple merilis komputer pertama yang berisi Motorola 68040 prosesor, yang berisi unit floating point dalam prosesor utama. Sekali lagi, model-biaya yang lebih rendah tidak memiliki FPUs, yang berbasis pada cut-down Motorola 68LC040 sebagai gantinya. 



Setelah 1994 Apple menggunakan  PowerPC line of prosesor, dimulai dengan PowerPC 601, yang kemudian upgrade ke 603 dan 603e dan 604, 604e, dan 604ev. Pada tahun 1997, Apple memperkenalkan komputer pertama yang berbasis pada prosesor PowerPC G3 signifikan ditingkatkan; ini diikuti pada tahun 1999 dengan G4 PowerPC. Generasi terakhir dari prosesor PowerPC yang akan diperkenalkan adalah 64-bit PowerPC 970FX ("G5"), yang diperkenalkan pada tahun 2003. Selama transisi ke PowerPC, "Cognac" Tim Apple menulis emulator 68.030-to-PowerPC yang boot sangat awal di OS pemuatan. Awalnya emulasi ini sangat lambat, tapi versi menggunakan emulator kompilasi dinamis yang mendorong kinerja dengan caching bagian yang sering digunakan kode diterjemahkan. Versi pertama dari OS untuk kapal dengan sistem PowerPC awal diperkirakan untuk menjalankan 95% ditiru. Kemudian versi dari sistem operasi meningkatkan persentase PowerPC kode asli sampai OS X membawanya ke 100% asli. 




PowerPC 604 prosesor diperkenalkan Symmetric Multiprocessing (SMP) untuk platform Macintosh, dengan dual PowerPC 604e dilengkapi Power Macintosh 9500 dan 9600 model. Prosesor G3 tidak SMP-mampu, tetapi G4 dan G5 adalah, dan Apple memperkenalkan banyak dual-CPU G4 dan G5 Daya Mac. Bagian atas rentang Power Macintosh G5 menggunakan hingga dua prosesor dual core, untuk total empat core. 




Pada tanggal 6 Juni 2005, Steve Jobs mengumumkan bahwa perusahaan akan mulai transisi garis Macintosh dari PowerPC ke mikroprosesor Intel (transisi selesai pada tanggal 7 Agustus 2006) dan menunjukkan versi Mac OS X berjalan pada komputer didukung oleh Intel Pentium 4 CPU. Intel-powered Mac dapat menjalankan perangkat lunak Macintosh dikompilasi untuk prosesor PowerPC menggunakan sistem terjemahan dinamis yang dikenal sebagai "Rosetta." 


Mac pertama dengan prosesor Intel adalah iMac dan 15-inch MacBook Pro, keduanya mengumumkan pada Konferensi Macworld Expo dan pada Januari 2006. Sepanjang tahun Mac mini dialihkan ke arsitektur Intel, dengan pengguna yang memiliki pilihan baik Core Solo atau core Duo CPU. IBook lini produk telah dihapus oleh MacBook dan pada tanggal 7 Agustus 2006, Power Mac G5 dihentikan mendukung Mac Pro, berdasarkan baru Intel Xeon "Woodcrest". Xserve juga dialihkan ke Intel Xeon "Woodcrest". Di paruh kedua 2006 Apple meluncurkan iMac baru dan MacBook baris menggunakan prosesor Core 2 Duo. 

Upgrade dan konektivitas [sunting] 
Pencela apel selalu mengkritik fakta bahwa Mac tidak dapat ditingkatkan, karena dapat sebagian besar PC. Sementara sebagian besar menggunakan PC logika papan ATX-formfactor, power supply, dan kasus, Apple telah dihindari standar populer untuk memberikan tim desain mereka fleksibilitas maksimum. Namun, Apple tidak menggunakan prosesor Intel, serta memori standar industri, drive, dan peripheral. 

Secara historis, Mac tidak dirancang untuk diambil terpisah. Sejak ditutup-kotak asli Macintosh pada tahun 1984, Apple selalu disukai bahwa upgrade berlangsung di luar kasus ini. Sementara pengguna PC akan membuka komputer mereka untuk menginstal hard drive kedua, pengguna Mac hanya akan pasang hard drive eksternal ke komputer mereka; ini menambah biaya sedikit dan hard drive eksternal melakukan lebih lambat, tapi lebih mudah untuk rata-rata pengguna untuk melakukan. 

Karena desain yang unik Mac ', sebagian besar tugas-tugas yang melibatkan membuka komputer diturunkan ke teknisi resmi dari Apple; jika tidak, garansi mesin adalah batal demi hukum. Namun, menara Apple (seperti Mac Pro) Akses izin ke semua internal sistem, yang memungkinkan pengguna untuk menambah atau mengganti barang-barang umum seperti kartu memori, drive, atau perluasan. 

Slot Internal [sunting] 
Bentuk paling awal dari upgrade Macintosh internal Processor Slot Langsung (PDS), hadir dari SE seterusnya. Itu pada dasarnya jalan pintas ke soket CPU, bukan bus-yang juga berarti bahwa suku cadang untuk slot PDS terikat dengan model Macintosh yang spesifik, dengan pengecualian dari slot LC PDS, yang standar di seluruh baris LC. Slot PDS dapat digunakan untuk upgrade prosesor, kartu Ethernet, Apple IIe Card, atau kartu video. Baris terakhir dari Macintoshes memiliki slot PDS adalah generasi pertama dari Mac Power. 

Macintosh pertama yang memiliki fitur bus untuk ekspansi adalah Macintosh II, dalam bentuk enam NuBus (paralel 32-bit bus) slot. The NuBus ditinggalkan mendukung PCI di generasi kedua Power Mac, dan G4 memperkenalkan 64-bit slot PCI serta slot AGP untuk kartu video. Power Mac G5 slot cepat memperkenalkan PCI-X, yang berumur pendek, sebagai G5 final dan Mac Pro penggunaan PCI Express untuk grafis dan ekspansi. 

Dari model-model terbaru (per Agustus 2007), hanya Mac slot Pro dan Xserve fitur PCIe dan teluk hard drive standar untuk upgradability mudah. Slot PCIe memungkinkan penambahan (misalnya) controller RAID, kartu video, atau kartu suara khusus. MacBook Pro memiliki slot PCIe, dalam bentuk tunggal slot ExpressCard / 34. 

Prosesor [sunting] 
Mac mini, iMac dan Mac Pro semuanya memiliki prosesor Intel upgradeable, [1] meskipun Apple tidak resmi mendukung ini. 

Power Mac G3, serta pertama G4 Power Mac, memiliki prosesor socketed yang dapat ditingkatkan. Sejak saat itu, Power Mac memiliki prosesor mereka (s) dari daughtercard a. Semua Mac lainnya, termasuk Mac mini, yang paling iMac, dan semua notebook Apple, memiliki prosesor secara permanen disolder ke papan logika. Namun demikian, ini tidak menghentikan perusahaan seperti Daystar dan Soneta dari pemasaran upgrade prosesor untuk hampir setiap sistem. 

Memory [sunting] 
Untuk memori, Apple telah menggunakan standar SIMM (30 dan 72-pin), milik 168-pin DIMMs, dan kemudian, standar industri SDRAM dan DDR. Current Mac menggunakan reguler 1066MHz DDR3 SDRAM, kecuali untuk Mac Pro dan Xserve yang menggunakan 1066 MHz DDR3 ECC SDRAM. 

Semua Mac saat ini, menyimpan untuk iMac (21,5 Inch), MacBook Pro (display Retina) dan MacBook Air, memungkinkan pengguna untuk meng-upgrade memori melalui pintu akses atau panel removable. 

Disk [sunting] 
The Macintoshes awal menggunakan port serial proprietary (konektor D-miniatur 19-pin) untuk eksternal floppy atau hard drive, sampai SCSI diperkenalkan dengan Macintosh Plus. SCSI tetap Macintosh mendorong media pilihan sampai pertengahan 1990-an, ketika drive ATA lebih murah diperkenalkan, pertama pada model anggaran, maka di seluruh jajaran. Mac saat ini menggunakan Serial ATA untuk internal hard drive dan drive optik, dan FireWire atau USB 2.0 untuk drive eksternal. 

Hanya Mac Power, Mac Pro, Xserves, dan MacBook memiliki drive bay diakses pengguna untuk memungkinkan satu atau lebih hard drive yang akan diinstal secara internal. Semua mesin lain memiliki satu ruang khusus untuk satu hard drive. 

Semua Mac memiliki satu optical drive, kecuali Pro Mac, yang opsional dapat mencakup dua. 

Mac OS X, memahami Mac OS Standard dan Mac OS file sistem diperpanjang. Hal ini juga mampu menggunakan disk diformat dengan FAT atau NTFS sistem file Windows ini, serta Unix File System. Saat ini, Mac OS X Leopard beta telah membaca saja dukungan untuk ZFS, sedangkan anggota dibayar Apple Developer Connection mendapatkan akses ke read-write ZFS driver di dalam pembangunan. 

Peripherals [sunting] 
Yang pertama Mac (Macintosh dan Macintosh 512K) digunakan konektor proprietary untuk keyboard dan mouse. Apple Desktop Bus (ADB) diperkenalkan dengan Macintosh II dan Macintosh SE. Itu konektor input standar untuk keyboard dan mouse sampai USB diperkenalkan dengan iMac. Macintosh terakhir untuk memiliki ADB adalah Power Macintosh G3 (Blue & White), di samping USB sekarang-standar. Hingga Februari 2005, PowerBook G4 dan iBook G4 notebook masih menggunakan protokol ADB untuk berkomunikasi dengan built-in keyboard dan trackpads mereka, namun mereka tidak termasuk setiap konektor ADB eksternal. 

Mayoritas komputer Mac secara historis dikirimkan dengan mouse-tombol. Hal ini berubah pada bulan Agustus 2005, [2] ketika Apple merilis empat tombol Mighty Mouse (versi nirkabel dibuat tersedia pada tanggal 25 Juli 2006) dan mulai untuk kapal dengan Mac desktop baru. Pada akhir 2009, mereka mulai juga menawarkan mouse Multi-Touch, Magic Mouse, mampu menerima gerakan jari sentuh. [3] Dimulai dengan iMac G5 baru dirilis pada bulan Oktober 2005, [4] Apple mulai untuk menyertakan built dalam kamera iSight untuk model yang sesuai, dan antarmuka media center yang disebut Front Row yang dapat dioperasikan dengan remote control untuk media yang tersimpan di komputer mengakses. 

Warisan Macintosh konektor perifer lainnya termasuk port RS-432 serial, GeoPort, dan port AAUI untuk jaringan. 

Sejak tahun 2006, Macintosh portable telah menggunakan koneksi MagSafe untuk kabel listrik mereka. Kabel menempel ke komputer magnetis, bukan mekanis, sehingga sebuah yank tak terduga pada kabel hanya akan melepaskan kabel, daripada mengirim laptop terbang halus. [Rujukan?] 

Jaringan [sunting] 
Awal Mac menggunakan built-in port serial untuk LocalTalk, yang mendirikan cepat (pada saat itu) jaringan antara dua mesin. Kemudian, port AUI dimodifikasi ditambahkan bernama Apple Attachment Unit Interface untuk menyediakan pengguna versi yang lebih ramah dari 10BASE2 kabel dan adaptor, dengan versi Apple dikenal sebagai FriendlyNet. Karena ini adalah sebuah implementasi dari lapisan fisik Ethernet itu acuh tak acuh terhadap protokol yang digunakan - dan memungkinkan koneksi dari mesin Macintosh menggunakan LocalTalk, TCP / IP, atau protokol lain asumsi itu didukung oleh program. Akhirnya sebagai Ethernet lebih dari twisted pair muncul sebagai metode mendominasi untuk menghubungkan komputer, semua Mac mengadopsi modular 8 pin jack modular sekarang akrab sebagai standar. Fibre Channel adapter juga tersedia untuk Mac Pro dan dihentikan Xserve, umumnya untuk koneksi ke subsistem penyimpanan yang besar dan / atau aplikasi multimedia bandwidth tinggi. 

Apple memperkenalkan 802.11 jaringan nirkabel untuk Mac pada tahun 1999, dengan teknologi AirPort dibangun ke dalam iBook. Tiga tahun kemudian, ia telah diupdate ke 802.11g kompatibel AirPort Extreme. Dengan pengecualian dari desktop Mac Pro (tersedia sebagai pilihan pengguna), semua Mac saat ini memiliki 802.11n-mampu kartu AirPort Extreme sebagai standar. 

Mac dengan IEEE 1394 dukungan (alias FireWire) menyediakan konektivitas TCP / IP melalui antarmuka ini secara default, yang memungkinkan dua mesin untuk dengan mudah membuat koneksi berkecepatan tinggi melalui kabel FireWire tunggal. 

Video [sunting] 
Untuk menghubungkan display, Apple menggunakan konektor DA-15 pada semua model sebelum Biru dan Putih Power Mac G3, yang menggunakan konektor VGA. Asli AGP berbasis G4 Power Mac yang digunakan VGA, dilengkapi dengan port DVI; hampir semua nanti Mac, bagaimanapun, menggunakan Konektor Tampilan Apple selain port VGA atau DVI, sampai revisi terakhir dari Power Mac G5 datang standar dengan dua port DVI. Apple menyertakan DVI-to-VGA adapter dengan komputer DVI-dilengkapi-nya. Dengan rilis dari unibody MacBook Pro, DVI telah dihapus mendukung DisplayPort. 

Laptop form-factor yang lebih kecil, seperti iBooks dan 12 "PowerBook G4 dan generasi selanjutnya dari Mac mini tidak memiliki cukup ruang yang tersedia agar sesuai dengan VGA full-size atau konektor DVI. Dengan demikian, mesin ini menggunakan varian miniatur, mini -VGA atau mini-DVI, dimaksudkan untuk digunakan dengan adaptor. Namun, bahkan Mini-DVI terlalu besar untuk dokumen asli MacBook Air. ini bukan dilengkapi dengan port micro-DVI dan datang dengan adaptor. MacBook Air adalah satu-satunya Mac yang pernah menggunakan konektor ini, sampai juga telah dihapus mendukung DisplayPort konektor DisplayPort asli tidak pernah digunakan pada Mac, Apple bukannya memilih untuk membuat dan standarisasi versi miniatur konektor:.. mini DisplayPort The unibody mac Mini dilengkapi dengan kedua mini-DisplayPort dan HDMI output. ini adalah satu-satunya Mac yang pernah kapal dengan HDMI built-in. The unibody Mac Mini dikirim dengan adaptor HDMI-ke-DVI. 

Sementara tidak dapat diakses pengguna, 24-inch iMac memiliki kartu video MXM-formfactor; Namun, tidak ada upgrade yang tersedia untuk itu. Kartu video dapat diganti oleh pengguna dalam Power Mac (yang digunakan PCI, kemudian, AGP, akhirnya, PCIe) atau Pro Mac (yang memiliki empat slot PCIe). Dalam semua Mac lainnya, kartu video terintegrasi dengan dewan logika dan tidak dapat diganti. 

Mac berbasis PowerPC, untuk sebagian besar, diperlukan kartu video yang kompatibel. Mac berbasis Intel saat ini dapat menggunakan kartu video EFI-kompatibel; kartu video PC biasa akan bekerja hanya jika sepatu pengguna ke Microsoft Windows. Beberapa hacker, bagaimanapun, telah menemukan keberhasilan "berkedip" kartu PC untuk bekerja dengan Mac OS X di hardware Apple.
TRANSLATE this Page

Posting Komentar

0 Komentar